Pada kesempatan terdahulu pernah dibahas Pembacaan Speedometer New CBR 150 oleh Runtastick (baca disini), dimana penunjukkan angka di speedometer lebih tinggi 10% dibanding versi Runtastick. Kali ini pengujian dilakukan pada Mazda Familia yang kesehariannya selalu mengantar istri wara-wiri. Rutin minimal menempuh 100 km/ hari disamping seringkali menempuh beberapa ratus km saat harus ke luar kota.
Harus diakui bahwa populasi Mazda di tanah air jumlahnya teramat jauh dibanding Toyota, Suzuki, Honda. Setali tiga uang, kesulitan mencari spare part itulah opini dan sekaligus pembunuhan karakter untuk merk mazda ini.
Pasar mengatakan, tindakan bodoh menyediakan spare part untuk kendaraan yang populasinya hanya sedikit, logis bukan ? Popularitasnya yang ngedrop pada merk yang satu ini berdampak pada harga jual secondnya yang tidak mumpuni, bahkan seringkali keberadaannya hanya dilihat sebelah mata oleh pemilik mobil lainnya.
Bentuk aerodinimikanya modern dan tetap masih up to date hingga kini menjadi daya pikat utama saat kami menjatuhkan pilihan pada si sexy ini. Apalagi angka rupiah yang ditawarkan seorang teman akrab itu cukup bersahabat dengan kantong. Bukan lantaran teman lalu dapat tawaran murah, melainkan itu memang harga pasaran.
Kini setelah 4 tahun merasakan setiap putaran rodanya, si Sexy itu ternyata feel dan ketanguhannya makin terasa hebat, malah saya menemukan sejumlah kelebihan yang tidak dimiliki mobil sekelas pada zamannya. Usut punya usut, ternyata justru kelebihannya itulah menjadikan pebengkel di kita kurang familiar dengan (salah satunya) teknologi injection dan lalu “dimusuhi“.
Memang, pebengkel-pebengkel di tanah air lebih banyak tumbuh secara autodidak alias bisa karena biasa sementara teori dasar mekanika dan elektronikanya nihil. Jelas Montir seperti ini lebih cenderung menyukai penyakit mobil yang bersifat kasat mata. Tentu lebih mahir menangani karburator daripada fuel injection yang serba elektronik itu. Ditambah dengan kecenderungan pemilik mobil di tanah air ini yang lebih menyukai pebengkel yang mahir mengakali daripada mengganti spare part. Artinya, selama spare part itu masih bisa dipaksakan, ogah untuk mengganti dengan yang baru. Jika terpaksa harus mengganti, maka dipilihlah spare part generic.
Semua bagian mesin termasuk piston dan ring nya masih dalam keadaan original bawaan pabrik, sehingga waktu tiga bulan lalu saat rekondisi di sektor mesin, bengkel langganan hanya cukup mengganti ring nya saja, itupun tanpa over size alias standar….ajib kan ? Jadi rupanya, baru mengalami turun mesin setelah berusia 14 tahun sejak di import dari Negeri Matahari itu. Malah untuk bearing roda-roda belakang masih asli bawaan pabrik dan belum pernah ganti. Itulah sebagian bukti bukti ketangguhan si Mazda Famila.
Sektor kaki-kaki ? Jangan diragukan lagi soal kontruksi dan kelengkapannya. Mobil-mobil yang brojol di tahun ’98 masih amat jarang yang mengaplikasikan rem cakram sekaligus di depan juga belakang. Sayang featur Rem sistem ABS mengalami downgrade untuk pasar Indonesia. Jadi jika sebagian mobil sekarang rame-rame mengaplikasi Rem Sistem ABS, maka Mazda sudah mengapliksikannya sejak belasan tahun lalu. Jika sakarang banyak mobil rame-rame mengaplikasi Teknologi VVTI (Variable valve Timing Intelegen) yang menjadikan pembakaran lebih sempurna dan valve nya bebas penyetelan itu, maka Mazda Familia sudah lebih jauh menerapkannya. Pada Mazda type lain yang justru usianya lebih tua malah featur di dashboar sudah serba digital. Perkembangan selanjutnya malah mazda menurunkan segala kelebihannya agar start di tempat yang sama dengan mobil – mobil merk lain, kasihan kalau meninggalkannya terlalu jauh…..he he he he
Sekarang, konsumen di negeri ini merindukan mobil bermesin Fuel injection, rame-rame banyak pabrikan berlomba memproduksinya justru menjadikan semangat baru bagi pabrikan Mazda untuk kembali menunjukkan kedigdayaannya. Satu hal yang membuat saya senang, Mazda Familia yang terparkir digarasi harganya meroket menjadi 65-70 juta padahal 4 tahun lalu saya cukup nebus 45 juta saja……..horeeeeee
Ko jadi OOT begini ?…..ga papa ya, toh ini bukanlah makalah, ini hanya bualan doank….wk wk wk wk.
Ingin rasanya mengeksplorasi semua kelebihan itu, sayang bukanlah tempatnya membahas di artikel ini. Nanti malah terlalu melenceng jauh dari Tema diatas.
Mazda Familia dengan kapasitas 1800 cc ini dan brojol 14 tahun lalu hingga kini masih sanggup lari lebih dari 160 km / jam di RPM 5000 dan tetap stabil. Sayang nyalinya ga sanggup membejek gas lebih dalam untuk menghabiskan 300o RPM lagi yang masih tersisa. Sesaat sebelum pengujian, coba saya aktifkan dulu Runtastick yang sudah terinstalasi di BB Torch 9800 dan inilah hasilnya.
Jika pada New CBR 150 terdapat selisih 10%. Saat speedometer motor menyentuh angka 135km/jam, terbaca di Runtastic 120 km/jam. Akan tetapi di Mazda Familia benar-benar akurat.
Pada kesempatan berikutnya akan diuji coba akurasi Runtastic dengan GPS model lainnya……..
Maknyus, teknologi canggih dizamannya nih. Salute utk akurasi speedometernya, sekalinya bawa mobil yg deviasinya lebay, 180kpj mungkin ga berasa apa2 kali yah 😆
Waaah mantep tuh mpe 180 kpj.
Dulu sy pernah pake Holden gemini, pernah sekali waktu dibeger, masa mobil doyok bisa lari 150 kpj, tp rasanya pelan banget ……pasti lebay juga tuh deviasinya.
Mobil memang rata – rata lebih akurat. Avanza G 2009 aja sepertinya ga sampek 5% mas mlesetnya. Josss 😀
http://dizmaz.wordpress.com/2012/05/22/ngayal-dikit-prediksi-motogp-musim-2013-1/
ngadadak beresih mobil ari rek di posting mh…
Ha ha ha ha ha…..
mazda memang maju dijamannya.
kalo ga salah familia kembaran ford laser, dan specdown dari 323 lantis karena kemunculan timor s515.
timor 515 alias kia sephia juga masih sodaraan ama 323 terbukti dari mesin, kaki2, dan beberapa part yang bisa saling tukeran.
timor 1500cc bisa lari ampe 180kpj, saya yakin 323/familia 1800cc bisa ampe 200kpj. hehe..
Benar mas Pras, beberapa part dpt saling tersubstitusi diantara keduanya. Belum lama ini sy mengganti plat kopling dan dekrup pake Timor krn yg aslinya muahal banget. Sy denger seh juga begitu, bisa nembus 200 kpj, dg catatan di sektor kaki2nya dijamin laik. Sy baru berani max 166, ngeri di kaki2 dan nyalinya yg ciut…he he he. Sy berani di kecepatan segitu itupun setelah ganti velg dan ban baru, sebelumna hanya berani di kecepatn 140 kpj…
bukan mobil kaleng, tapi jarang banget liat di jalan ya
Bener-bener langka dech…..
Thanks mas, bermanfaat banget. Kebetulan lagi searching2 bakal mobil pertama nih. Eh kayanya nyangkut sama si Mazda Familia ini. Mas, boleh tau konsumsi BBMnya? dalam kota, tol, dan luar kota brp? Lagi perbandingan nih. Klo untuk spare partnya aman ya mas di beres Mazda? Ada hal2 yang perlu diperhatikan gk mas utk mobil ini? Thanks before
Wadoooooh sayang sekali, belum sempat melakukan test konsumsi untuk BBM mobil kesayangan ini untuk jarak jauh, kedepan mungkin akan sy lakukan. Kebetulan dalam waktu dekat sy berencana mau Jogja, nah saat itu akan sy lakukan uji BBM nya. Klo dalam kota konsumsinya 11 km / liter premium, pemakaian dalam kota padat dan panas yg tentu mengharuskan full AC. Termasuk katagori masih hemat mengingat kapasitas mesinnya 1800 cc dan notabene mobilnya sudah ujur.
Selama ini spare part mudah sy dpt di bengkel langganansy, padahal itu bengkel non resmi. Oh ya, kebetulan di bengkel langganan sy juga tersedia beberapa part eks singapur.
mau tanya mas, saya juga punya mazda familia, saya minta alamat bengkelnya dong mas.
kalo gak sms aja ke no 021-92208624 atau 087808953487.
Wah Mantep Artikelnya niiiii… mas mau nanya onderdil mazda familia dapat diperoleh dimana ya ? mobil saya lampu depannya udah kusam mau diganti aja ni..? mksih infonya ,,,
Wiihh,keren ni om artikel nya..dapet tambahan info lagi..makasih bnyak om..
Ikut nimbrung ya om2..kbetulan ane dari MLFI (Mazda Lantis Familia Indonesia), kebanyakn tmen2 ambil spare part dari New Apollo di atrium senen om..ni kontak koh David nya 087876761110
Kalo mau mampir2 ada di http://www.familialantis.com
http://m.facebook.com/groups/120749477992756?view=group&refid=18
Ada grup blackberry juga,smentara bisa ke ane pin:29EA85F3 / Om Rully pin:2722D33A / Om Ari Perdana pin:2268539C
Makasih om2 smua..
Rgrds
Bagus | familia97 | Ungu | E-1262-NB | i-mac 475 | Bandung | MLFI |
Ok siiiip Om Bagus…
Naaah tuh Om Bagus dah ngasih bocoran tempat cari part Mazda.
Sebenarnya klo reflektornya masih bagus, kacanya masih bisa dibersihkan lho. Ongkosnya kira-kira 150 rb. Coba ke Komplek ruko Fatmawati.
Om numpang tanya, saya pake Familia 97, masalahnya RPM seringkali naik turun cukup ekstrim, malah kadang sampe mesin mati, mohon info penyebabnya apanya ya om, terima kasih…
Coba cek soket airflow,tps sama bersihin daleman throttle body om..
Kalau familia mesinnya pakai timing belt atau rantai ya?
Makasih sebelumnya
Timing belt om. Sy pernah ngalamin putus timing belt tuh di kecepatan tunggi.
klw speedometer ane rusak di surabaya refrensi yang murah meriah di mana ya
spare part di btc bintaro banyak yg ori atau yg kw