32 comments on “Gunakan Pipa Paralon Besar, Mandi dan Cuci Motorpun jadi Menyenangkan

    • Ga terlalu susah sih Om Agus bikin pipa pembuangan udara. Cari aja lokasi pipa terendah, krn di area itulah air ngantong dan udara yang ada di pipa sebelumnya terhalang oleh air yang ngantong tersebut.

      • Saya pakai pipa 3/4 inc secara keseluruhan, dan kran shower 1/2 inc. Apa krn krannya yg 1/2inc makanya gak kencang keluarnya? Atau krn memang 3/4 gak cukup besar?
        Saya jg kepikiran utk membuat saluran pembuang udara, tapi apa itu kira2 berpengaruh besar? Posisi tinggi tandon saya 2 m dr muka lantan jgn kapasitas 1200ltr

        Makasih

  1. Pak… gmn ya nge jelas in ma suami.. kadang klo dr mulut istri g didenger..cuma suami suka berasa sotoy aja urusan istalasi..saya lag bangun k.mandi dgn shower..mumpung lg bongkar2 an sekalian aja di beresin, spy showernya kenceng airnya… saya berniat pake 2 torn

  2. Air gw kecil krn gwpakai toren dan ukuran pipa yg keluar dr toren adalah ukuran 0,5 sampai ke pipa yg di tempel di dinding… Hmmmmm hasilnya klo pake shower airnya kecil bgt…. ,!!!! Skr ane lagi mau coba ganti pipa yg dr toren turun ke bawah paka 1 inch , tp yg di dinding biarin aja deh dulu sayang klo hrs bobok tembok… Hehehehe budjet bro….

  3. Mas, mo konfirmasi,
    1. Ketinggian tower & kapasitas tangki yang mas pakai berapa?
    2. Apakah tekanan tsb. pernah dicoba untuk menghidupkan water heater?

    Terimakasih banyak mas atas waktu dan jawabannya.
    Salam

  4. Saya mau bertanya. Bagaimana dengan kamar mandi yg tidak ada bathtub tetapi hanya ada shower. Apakah oakai peralon besar diameter 10cm atau yang ukuran lebih kecil. !? Terima kasih

  5. Pertama2, terima kasih informasinya. Saya mau renovasi kamar mandi minggu depan. Mau pasang water heater, dapet informasi yagn sangat berguna ini.

    Cuma, saya masih ada yagn kurang jelas :
    1. Maksudnya bak penampungan, itu toren di atas atau bak penampungan ledeng yang biasanya ada di dalam tanah?
    2. Maksudnya mengganti pipa dengan diameter lebih besar dari bak penampungan tersebut sampai ke kran kamar mandi?

    Terima kasih,

    • 1. Bak penampungan yg diatas.
      2. Betul, mengganti pipa2 dari bak penampungan sampe ke kran. Jika hrs mengganti sampe kran sulit, minimal mengganti pipa2 utama.

  6. 1. pembuangan udara dilakukan rutin setiap apa ya mas ?
    2. jika tidak ganti pipa utama, tetapi hanya menambah kran pembuang udara, apakah kemungkinan bisa kencang juga debit nya ? secara di rumah saya jika ganti pralon, harus jebol tembok dulu

    terimakasih

    • 1. Buang angin diperlukan ketika diduga ada udara terjebak terutama setelah nguras bak penampungan.
      2. Agar debit besar, sepertinya hrs mengganti pipa-pipa utama berukuran besar. Membuang udara hanyalah memaksimalkan debit air dari ukuran pipa yg digunakan.

  7. om.. saat membuka kran buangan air, kran yg lain (wastafel, kamar mandi, dll) posisi nutup atau terbuka? dan kalau posisi tertutup berapa lama kiranya dibuka lagi sejak kran buangan air dibuka? tahapannya seperti apa.. terima kasih penjelasannya. sepertinya saya juga menagalami nasib yg sama

    • Saat buang angin, semua kran ditutup. Air bersama udara yg terjebak dikeluarkan lewat kran pembuangan sampe bnr2 tdk ada lg udara yg terjebak.

      Kran laen boleh dibuka kpn saja setelah proses pembuangan udara selesai.

  8. mas pemasangan paralon ukuran 1,5″ ke bak penampungan.ny gmn ya? kan dari output bak penampunan pengui* cuma 3/4″?

  9. Om dgn tinggi toren 7,5 M jarak ke sink 8 M Dan ke kamar mandi 23 M menggunakan pipa 1 1/2 scr keseluruhan, apakah debet air yg keluar masih tetap kencang?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s