Geliat perekonomian masyarakat di negara berkembang termasuk negeri tercinta ini telah memacu semangat para produsen untuk menggenjot produksinya secara besar-besar. Persaingan diantara para produsenpun dituntut untuk terus berinovasi demi merebut pasar sebanyak-banyaknya. Inovasi di berbagai sisi terus dikembangkan mulai dari casing, casis lebih-lebih di sektor mesin.
Dahulu pabrikan lebih mementingkan kekuatan, fungsi dan bahkan sanggup mengadopsi spare part atau asesoris generik
1. Kekuatan
Bumper Jeep ini jelas berfungsi sebagai bumper sesungguhnya., terbuat dari bahan tahan benturan sesuai dengan fungsi bumper itu sendiri
Bandingkan dengan bumper yang satu ini. Bumper berbahan dasar plastik ini tidak lagi berfungsi sebagai bumper penahan benturan melainkan hanya sekedar pemanis semata
2. Produksi masal
Salah satu contonhnya adalah lampu bulet ini. Lampu ini diproduksi masal dan digunakan oleh beberapa jenis mobil seperti Jeep, Katana, Panther, Carry, Kijang lawas. Karena produksi masal itulah maka harganya murah dan mudah dicari.
Ada lagi contoh lain, lampu jenis ini diaplikasikan pada beberapa varian Toyota Kijang dalam masa produksi selama rentang 6 tahunan.
Jaman sudah jauh berubah, sekarang prinsip pembuatan kendaraan lebih mementingkan kecepatan dan model. Terus berlomba menciptakan model-model terbaru, bahkan pada variant berbeda saja semua asesorisnya bisa berbeda. Tidakkah pabrikan itu lebih bijaksana dan lebih memperhatikan kepentingan konsumen dalam jangka panjang. Jika memang harus membuat varian berbeda setidaknya kondisikan agar beberapa bagian vital memiliki bentuk yang sama sehingga memudahkan konsumen untuk mengganti suku cadang bila terdapat kerusakan.
Setali tiga uang, para konsumenpun lebih memilih produksi terbaru dengan model terbaru tentunya. Jangan harap sebuah pabrikan besar sekalipun bisa merebut pasar jika minim inovasi. Dampaknya adalah, pabrikan lebih berkonsentrasi dan mengelontorkan sebagian besar pembiayaannya untuk memproduksi model terbaru ketimbang mempedulikan konsumen yang terlanjur sudah membeli produk mereka lebih dulu.Terlebih ditunjang oleh tools dan teknologi sehingga makin memudahkan mereka membentuk rupa baru.
Atau jangan-jangan, ulah para blogerlah yang telah mendorong mereka agar selalu menyegarkan produk-produk barunya. Bukankah para bloger seringkali mengkritisi sebuah produk jika hanya itu-itu saja yang diproduksinya ? Bukahkah juga seringkali para bloger menyindir pabrikan-pabrikan itu saat mereka hanya mengganti casingnya saja ?
Lebih celaka lagi jika sebuah produk hanya dibuat dan dipasarkan dalam jangka waktu sangat singkat demi persaingan dengan kompetitornya. Akhirnya mereka sibuk mempersiapkan produk barunya dan lupa menyediakan suku cadang untuk kendaraan yang sudah ditangan konsumen. Walhasil, suku cadang untuk kendaraan yang baru diproduksipun sulit ditemui di pasaran. Lagi-lagi, masyarakatlah yang dirugikan.
Oleh karena itu, jangan sepelekan produsen-produsen pembuat spare part non original. Mereka telah memberikan sumbangan besar terhadap keberlangsungan sebuah produk agar tetap bisa dipergunakan dalam waktu lebih lama. Mereka telah memberi kemudahan atas konsumen untuk mencari part substitusinya. Memang kualitas part non original ini tidak bisa menyamai part originalnya, akan tetapi peran serta produsen-produsen itu tidak kecil.
Berterima kasihlah kepada mereka.
pertamax amann..
like this , susah juga yah kalo engga ganti modelbikin bosen kalo keseringan ganti spare partnya susah..
pemecahannya cuma satu : ga usah beli.. xixi
Serba dilematis memang….he heh
Ada hadiah bagi yang pertamax…ha ha ha ha
Yg penting para produsen menggunakan merk mereka sendiri… Jangan memakai merk orang lain ataupun membuat merk yg dimirip-miripkan dgn merk lain. Karena akhirnya konsumen juga yg dikecewakan…
Setuju mas bro…….
Kale-kali aja para produsen baca komentarnya mas bro…..mantep kan….he he he
Keduaxxx, hehehe. Model digonta – ganti silahkan tapi dudukannya tetep sama. Biar kalo bosen bisa ganti casing doank, hahaha 😀
http://dizmaz.wordpress.com/2012/05/27/motogp-sejauh-ini-tim-power-electronics-aspar-pimpin-barisan-crt/
Naaah ini dia neh yang belum bisa dilakukan pabrikan motor. Enak amat ya klo bisa kaya HP bisa gonta/ganti casing….
susah juga sih
mosoooook…..he he hehe