Sebenarnya artikel true story ini pernah sy post via Facebook dan bahkan direposting oleh javabiker.wordpress.com, akan tetapi kembali sy posting ulang disini sebagai arsif atau barangkali ada pembaca yg iseng-iseng alias kebetulan secara tak sengaja singgah di blog sederhana ini.
Inilah rangkuman kisahnya…he he he…
(Dari kiri – kanan : All New CBR 150 R, Tiger, Satria FU)
Motor-motor kumel bin demek ini baru saja menempuh perjalanan Garut – Bekasi, kecuali My Cibie dan Satria FU menempuh perjalanan 2 kali lipatnya : Bekasi – Garut – Bekasi.
Sementara ini sy tdk ingin bercerita dulu bagaimana asyiknya memainkan Gript gas, tuas kopling dan Rem di tiap tikungan di sepanjang Purwakarta – Padalarang. Tp ada yang ingin sy share buat teman-teman sesama pengguna All New CBR 150 R, mengenai konsumsi BBM Si Cibie ini.
Saat berangkat langsung isi pertamax FULL tank, posisinya tepat di bibir dasar lubang pengisian. Tentu saja posisi odometerpun sy catat, ada di angka 1096 km. Krn sampai di Garut strip indikator BBM berada di tengah, sy pun punya keyakinan bahwa BBM akan cukup sampai Bekasi lagi.
Ternyata benar, sampai Bekasi posisi BBM masih bersisa 1 strip lagi. Langsung masuk lagi ke SPBU untuk isi BBM. Sy isi lagi full tank yg posisinya persis sama saat keberangkatan yaitu di bibir dasar lubang pengisian, masuklah 10,44 liter. Tentu saja sy pun mencatat kembali odometernya, yaitu di angka 1651 km
Skarang coba kita hitung konsumsi BBMnya.
Jarak tempuh Bekasi – Garut – Bekasi 1651 – 1096 = 555 km
BBM yg terpakai 10,44
Maka Jarak tempuh dibagi jumlah BBM =
555 km : 10.44 liter = 54,57 km / Liter.
Berarti konsumsi BBM My Ekstreem Red itu bisa menempuh 54,57 tipa liternya. Hemat bukan ? SULIT di percaya tp NYATA.
Oh ya, mungkin rekan perlu tahu medan tempuh yg dilalui dan kecepatanya.
Bekasi – Cikampek jalan datar, banyak kemacetan sehingga hanya bisa memacu kendaraan tdk terlalu cepat, max 80 km/jam.
Purwakarta – Padalarang medannya meliuk-liuk dan banyak tanjakan. Di sepanjang jalan ini Si Cibie di geber abis krn Si Satria yg ditunggangi sang kawan sepertinya ajak adu nyali. Perjalanan terberat memang di rute Purwakarta – Padalarang ini, krn sesaat setelah melibas tikungan hrs segera betot gas lebih cepat dan fuol untuk mengimbangi galaknya tarikan si Satria FU. Jelas donk, Si Satria lebih mumpuni di medan begini krn bobotnya lebih ringan dibanding All New CBR.
Rute pulang hampir tdk ada tanjakan, kecuali hanya di jalan lingkar Nagreg, itupun hanya sedikit.
Oleh krn itu pengukuran konsumsi BBM riil krn menempuh perjalanan PP sehingga rute yg dilewatinya ketemu tanjakan dan turunannya yang saling mensubstitusi. Lebih riil lagi krn melewati jalan perkotaan yg nota bene penuh kemacetan dan luar kota yg agal lengang.
Sayang, pemilik Satria tdk sedang berkepentingan untuk mengukur konsumsi BBMnya, tp yg jelas perjalan PP untuk motor Satria tersebut harus berulang kali, sedangkan si Cibie hanya cukup 1 kali saja.
“Iya donk harus 3 kali krn tank nya kecil”, kata teman pemilik Satria, agak mendelik…. he he he.
Biasa itu motor msh masa inrayen pasti dipakenya secara eco riding. Sekarang mana bisa ditempuh mileage segitu, dapet jalan kosong plintir gas sampe redline, apalg ditambah sugesti dari knalpot racing seolah berteriak menyuruh “pelintir lebih dalem boss”
Hi hi hi…..bisa jadi, eco riding terhadap BBM dan terhadap komponen mesin….
Ping-balik: Si Herbie ( Honda Ektreem Red Cibie ) « BaleRancage
irit juga ya si cibi ini….??
Ajiiiib kan…..
Biar pake pertamax klo tetep irit ga rugi dech beli pertamax….he he he
masbro gimna nich saya lagi galau rencana mau beli motor antara Suzuki Satria FU dengan all new CBR 150R…. nah kalo dari segi bahan bakar iritan mana? dan dari segi sparepart kedua motor tersebut…
Agak sulit sy menjawabnya, krn sy kebetulan suka dg CBR tentulah jawabannya kental dg faktor subjectifitas.
Tp akan sy coba barangkali ada sedikit gambaran ya
Saat memutuskan membeli sebuah produk harusnya lebih memprioritaskan fungsi dan peruntukan, mungkin juga harus pula lihat cadangan devisa…he he he. Tetapi tdk dpt dipungkiri bahwa value/nilai dari sebuah produk juga tidak kalah pentingnya. Style, Kenyamanan saat riding, termasuk kawasan value ini. Unsur penting lainnya adalah, bahwa produk yg kita beli haruslah memberi kepuasan terhadap kita sebagai tebusan dari rupiah yg kita keluarkan, terlebih jika barang yg kita beli relatif terasa mahal.
Mengenai konsumsi BBM jelas lebih hemat CBR. Sementara ini untuk spare part CBR tentu tdk semudah seperti FU. Tp masa Honda tdk mengabaikan 3S kan, toh CBR old pun sampai sekarang masih tetap eksis di jalanan tuh, artinya bahwa spare part nya tersedia.
Jika berkenan, coba mampir disini, barangkali ada sedikit info tambahan : https://balekreatif.wordpress.com/2012/05/24/si-herbie-honda-ektreem-red-cibie/
Makacih kang penjelasannya komplit banget.. pilihan ane akhirnya jatuh kepada Honda CBR150R
http://irfansyahcreativity82.wordpress.com/2012/07/21/ic82-menantikan-sang-baby-vfr-1200-all-new-cbr-150r/
Cbr kemahalan
Coba bandingkan dengan ini gan https://balekreatif.wordpress.com/2012/08/10/lebih-mahal-mana-new-ninja-250-fi-vs-new-vespa-px-150/
nice info,, ngedukung dech,, soale 2x pake cbr150 juga 🙂
Mantaaaap….
🙂
Salut buat bro Denirsodiana. Info apa pun(yang bahkan kadang terasa ga penting), tentang suatu produk ternyata bisa menjadi penting buat mereka yang sedang galau pilih2 motor. termasuk saya.hehe.. aku sudah pernah baca blog ini beberapa bulan yang lalu. dan sekarang untuk ke dua kalinya aku baca lagi. Dengan tambahan info di atas, aku jadi jatuh cinta dengan cbr150. Semoga saja bulan februari 13, cbr150 bisa aku boyong ke rumah.. buat bro Denirosdiana, sukses ya!!!!!!!!
Walaaaah jadi kena racun nya nih…..he he he
kalo premium gimana??
Nah ini dia nih yg belum sy coba. Hingga saat ini sy masih patuh menggunakan pertamax meskipun CBR yg diimport oleh AHM ada toleransi untuk menggunakan premium. Berdasarkan rumor yg beredar bahwa CBR yg diimport AHM itu sudah dipesan agar ECU nya diset sedemikian rupa sehingga bisa menenggak pertamax dan premium.
kalo kofing overbore buat jalur luar kota emang jauh lebih irit kok mas bro, soalnya motor dengan kecepatan 100 km/h dengan gigi tertentu sama borosnya dengan kecepatan20 km/h dengan gigi tertentu
nah makanya ada miliage optimum, dimana speed tertinggi dengan kosumsi BBM teririt
contoh di ninja 250 ane, rpm di gantung di bawah 8rebu, speed di bawah 100 km/h, sekitar 95an, bisa tuh nyentuh 40 kman, dan biasanya ane pake rerata 30 km/an,
makanya kalau turing sering lah kita panteng rpm tinggi, tapi jangan mentok bro, biasanya itu batas optimum, atau kasaranya, jumblah rpm, di bagi 2, plus minus 500 rpm, itu yang paling irit, mau shifting, atau speed, di pantengin kaya gitu pasti irit
wkwkkw
oh iya, kalo mau lebih irit jangan panasan atinya, biar bisa manfaatin engine break secara optimal, lumayan irit tuh :p
mantaaaaabs….
mantap 😀
mampir gan . .
mirip ulasan artikel kita 😀
Ok
kalo boleh tau nih gan,kalo agan pemakain sehari-hari bisa dapet berapa kira”? ane pake PP kuliah rumah depok bogor jarak 40 km ngabisin 1 liter total 92,ane shifting biasa di 5 ribu rpm
Untuk pemakaian sehari-hari sy blom mengujinya.
Masa 1 liter kuat 92 km ? Serius nih ?
ambil kasarnya aja gan kira” berapa,agan bacanya kurang teliti yaah,maksud ane twh 1 liter dapet kisaran 40km shifting di5ribu ane make bensinnya total 92
Ooooooh gitu, amat sanagat wajar klo 40 km/lter, bisa jadi sayapun klo pemakain dalam kota kurang-lebih segitu.
Terakhir saya touring berboncengan, dengan rute yang sama Bekasi -, Garut penggunaan BBMnya 45km/liter Pertamax 92
oouh begitu yaah gan,thanks gan uda dijawab,btw nice blog gan
Ini blog…ecek-ecek gan….lumayan buat sekedar hiburan diri sendiri…..
Ping-balik: Tekanan Ban Kurang, Pengaruhi Performa dan BBM secara Signifikan. « BaleRancage
buset dah. tormax ane, fuel consumptionnya 1:32 km bro.
boros banget yak. sama dengan satria FU kah?
btw irit banget ya si CBR. malah ada yang naik ninja 250 bisa 1:40
masa’ lebih irit 250cc dibanding 150cc…
Walah…walah…1:32 ? Bikin kantong cepet jebol tuh…he he he
klo dri segi kenyaman,,,
lebih uggul mna sama FU,,,?
Khusus di tempat macet sepertinya masih enakan satria. Tetapi secara keseluruhan enakan CBR. Bobotnya yang lebih berat dibanding satria menjadikan CBR sangat nyaman untuk kecepatan menengah keatas…anteeeeb banget dan stabil. Meskipun bobotnya berat, handlingnya ….hhhhmmmmm…..maknyoooossss….enak buat dipake meliuk-liuk.
gan.. Kalo menurut agan enakan mana dipake kalau macet? Secara ergonomis FU atau CBR? Soalnya ane galau PP kuliah macet nih. Makasih
gan.. Kalo menurut agan enakan mana dipake kalau macet? Secara ergonomis FU atau CBR? Soalnya ane galau PP kuliah macet nih. Makasih ya infonya
Khusu di jalanan macet sepertinya sih mendingan satria.
mas klo isi pertamax full tank brp duit utk CBE 150r ?
ane mau survei dl seblm membeli
thx
Pengen ambil CBR 150, tp unitnya kok susah amat yak?
indent 1, 2, bahkan ada yang 4 bulan
ko saya pake satria jalan agak macet main kopling sering 1:20km ya? bantuannya gan?
argg …cbr sekanrg makin menggila harganya . smakin prestis ajj nih barang
Hebatttt berarti lebih irit dari Honda Revo milikku. Revoku udah pernah sy ukur tidak full tanki tapi saya kasih 1 liter bensin jelasnya juga bawa bensin cadangan setelah habis bensin 1liter jarak yang ditempuh 41 Km. Jadi hanya sy sarankan kalau upload artikel yang kira2 CBR 150 tu lebih boros dari pada vixion berarti CBR 150 konsumsinya kurang lebih 34 km/liter kalau anda ga percaya sy siap undang anda tuk tes konsumsi CBR atau All New CBR 150 soalnya disini banyak yg punya.
.klo jarak tempuh fu dalam 1 liter berapa y mas ?
.thx
Kalau satria f nya gimana gan?
Makasih atas infonya , Adria
Interesante blog . Aprendo algo con cada blog todos los dÃas. Siempre es grato poder devorar el contenido de otros bloggers. OsarÃa usar algo de tu post en mi web, naturalmente pondré un enlace , si no te importa. Gracias por compartir.
abogados alicante http://ababogados.net